Ternyata Lebaran Bukan Hanya Milik Umat Islam

Diposting oleh Mas Admin on Kamis, 25 Agustus 2011

Purwokerto, 25 Agustus 2011, Ada keunikan dikotaku dan baru tahun ini saya lihat adanya pemasangan spanduk Posko Mudik Lintas Agama di disetiap jalan utama / jalur mudik masuk dan keluar kota Purwokerto, saat menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1432H. Ini menunjukkan lebaran lebih dari sekedar ritual keagamaan tapi bisa sebagai salah satu bukti mereka ikut menyatu dan larut menyambut tradisi mudik Umat Islami.
.
13142571692110139988
Spanduk Posko Mudik. Dok. Pribadi
.
Silahkan mampir dan dimanfaatkan sebagai salah satu Posko Mudik bagi para pemudik yang melintas jalur tengah melalui kota Purwokerto. Gambar Spanduk diambil di seputaran Patung Gatot Soebroto pintu masuk/keluar kota Purwokerto dari arah Timur seperti ke/dari Semarang, Jogya dan Jawa Timur.
.
13142498741571122722
Spanduk Posko Mudik. Doc. Pribadi
.

Dan  setelah saya amati dijalur mudik diwilayah Purwokerto tahun ini, ada yang aneh. Belum terlihat spanduk Posko Lebaran dari 5 Partai besar. tahun kemarin biasanya sudah terpajang dua/satu minggu sebelum Lebaran saling berlomba memasang spanduknya. terlihat hanya satu, dua spanduk ucapan selamat Lebaran dari orang partai. (Purwokerto, 25/8/2011)
Kembali ke mudik Lebaran lebih dari sekedar ritual keagamaan Umat Islam saja tapi umat lintas Agama pun ikut terlibat didalamnya dan ini sebenarnya sudah lama terjalin. dan sebagai salah satu gambaran ini dialami oleh saya dengan teman-teman lain keyakinan, untuk Hari Raya Idhul Fitri 1432H inipun teman-temanku lain keyakinan yang merantau dan telah sukses secara ekonomi. Mereka akan datang bersamaan para pemudik dan mereka akan mengadakan dan mensponsori malam Silahturahmi selepas Hari Raya Idhul Fitri. Secara kebetulan melibatkan saya untuk membantu mengkoordinir teman-teman SMA Bruderan baik yang muslim maupun non muslim didalam maupun diluar kota supaya pada datang dalam acara malam silahturahmi bersama mereka.
Satu hal yang unik lagi, bila setiap kali berhubungan via telpon dengan mereka-mereka tidak segan mereka dengan entengnya mengucapkan uluk salam Assalamu’alaikum. Demikian juga saat mengakhiri pembicaraan selalu mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa dan tidak lupa ditutup dengan uluk salam, rasa haru didalam hati mendengarnya. saya selalu panjatkan doa bagi mereka supaya diberi kesehatan, dan kesejahteraan dariNya, Amin Yaa Robbal Alamin.
Menurutku itulah salah satu keindahan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri, sebenarnya. Karena bisa menyatukan lintas Agama dalam keindahanNya. Ternyata tradisi mudik Lebaran bukan hanya milik Umat Islam tapi sudah jadi tradisi universal/Lintas Agama karena terbukti mereka ikut terlibat, menghormati dan ikut larut merayakannya.

Sumber : http://unik.kompasiana.com/2011/08/25/ternyata-lebaran-bukan-hanya-milik-umat-islam/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar Lah Dengan Komentar Yang Bermanfaat. Jangan Lah Komentar Yang Hanya Berbau SPAM.