Cara Menghapus Repository PPA di Linux Ubuntu

Diposting oleh Mas Admin on Senin, 10 Maret 2014

Setelah dipusingkan dengan eror karena repository rusak tidak mau merespon nah akhirnya saya mencari-cari cara untuk memperbaikinya akhirnya berhasil juga mendapatkanya . dan sekarang saya akan membagikan ilmu ini kepada para pembaca yang budiman #cieh.. 

PPA atau Personal Package Archive merupakan repository yang dapat dibuat oleh setiap orang yang ditempatkan pada Launchpad server agar bisa diakses secara global oleh setiap orang di seluruh belahan dunia. PPA memudahkan kita menginstal software yang tidak atau belum disertakan secara resmi pada repository Ubuntu.

Menghapus PPA repository
Ubuntu Linux selain memiliki perintah untuk menambahkan PPA repository juga menyediakan cara menghapusnya yakni dengan menambahkan atribut --remove kemudian diikuti nama PPA dan subdirektori atau PPA itu sendiri. Contoh perintahnya adalah:
1
sudo add-apt-repository --remove ppa:nama-ppa/ppa


Menghapus PPA repository melalui perintah CLI


Setelah Anda menghapus PPA repository dengan cara di atas, kemudian jalankan perintah update agar sistem mengenali perubahan yang terjadi. Anda dapat memakai perintah berikut:
1
sudo apt-get update

Alternatif lain menghapus PPA repository
Selain menggunakan perintah CLI (Command Line Interface) seperti di atas, Anda juga dapat dengan mudah menghapus PPA repository melalui antarmuka GUI (Graphical User Interface). Untuk menghapus PPA repository dengan cara ini pada Ubuntu Linux versi 12.04, jalankan Ubuntu Software Center. Kemudian pada menu Edit pilih submenu Software Sources.


Menghapus PPA repository melalui jendela GUI Software Sources


Setelah jendela Software Sources terbuka, pilih tab Other Software. Pilih PPA repository yang ingin Anda hapus, kemudian tekan tombol Remove.

PERHATIAN: Pada sebuah nama PPA repository pada umumnya terdiri dari dua buah jenis paket PPA yakni untuk binary package dan source code-nya. Untuk menghapus sebuah nama PPA repository, maka hapuslah kedua jenis paket PPA repository tersebut (binary dan source)


Menghapus source file PPA repository
Selain kedua cara yang telah disebutkan di atas, masih ada cara lagi yakni menghapus source file PPA repository. File ini diletakan pada direktori /etc/apt/sources.list.d. Hapuslah source file PPA repository tersebut. Jika Anda tidak mengetahui nama filenya, Anda bisa gunakan perintah ls untuk melihat daftar file yang ada di direktori tersebut.


Menghapus source file PPA repository


Berikut perintah untuk menghapus source file PPA repository pada Ubuntu Linux:
1
sudo rm /etc/apt/sources.list.d/nama-file.list
Setelah menghapus PPA repository dengan cara di atas, lakukan proses update terhadap sistem agar dikenali perubahannya.

PERHATIAN: Menghapus PPA repository dengan ketiga cara di atas tidak akan menghapus software yang telah diinstal melalui PPA repository. Cara di atas hanya akan menghapus fasilitas update terhadap software yang PPA repository-nya telah dihapus.


Menghapus software
Jika Anda menginginkan software tersebut juga dihapus dari Ubuntu Linux, pakailah perintah berikut:
1
sudo apt-get remove nama-software --purge
Atribut --purge dipakai untuk menghapus konfigurasi yang dipakai oleh software tersebut.

Terima kasih telah membaca :)

source : http://husnanlabs.blogspot.com/2012/07/menghapus-ppa-repository-ubuntu-linux.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar Lah Dengan Komentar Yang Bermanfaat. Jangan Lah Komentar Yang Hanya Berbau SPAM.